Minggu, 21 Mei 2017

Website

     Website adalah suatu istilah yang sangat umum untuk menyebutkan sekumpulan halaman-halaman elektronik yang terdaftar di dalam suatu nama domain tertentu dengan sistem hirarki yang diatur oleh pengembangnya . Halaman-halaman di dalam website anda ini ada yang bersifat halaman statis, dan ada yang bersifat halaman-halaman yang kontennya terus bertambah dan diupdate secara terus menerus.
Jadi di dalam suatu website bisa ada halaman-halaman statis, seperti halaman tentang kami, hubungi kami, cara pemesanan, Pendaftaran, dll. Bisa juga ada halaman-halaman posting produk pada sebuah toko online

Untuk mampu membuat website dengan baik, maka otomatis anda perlu menguasai bahasa pemrograman. Ini adalah tools yang memberikan anda kemampuan untuk menentukan fungsi-fungsi dari setiap fungsi yang ada di halaman-halaman website anda nantinya.
Untuk mampu membuat website yang sederhana setidaknya ada pengetahuan dasar yang harus anda miliki, yaitu HTML, PHP, dan MySQL. Setiap pengetahuan ini mempunyai fungsinya masing-masing.

  • HTML: Dengan mengetahui HTML maka anda akan bisa dengan mudah mengatur tampilan desain kolom dari halaman-halaman website anda.
  • PHP: Dengan menguasai PHP, maka anda akan tahu cara membuat website anda mempunyai fungsi-fungsi yang sangat luas; baik itu bagaimana cara memanggil dan menampilkan data, membuat fungsi pengolahan data; dan fungsi-fungsi lainnya, yang sudah barang tentu akan terlalu banyak untuk disebutkan di sini.
  • MySQL: Dengan menguasai MySQL anda akan mengetahui bagaimana cara mengorganisir database dari website anda sehingga website anda bisa menjadi interface bagi anda untuk menyimpan dan mengambil data dengan benar dari database.
Jadi 3 pengetahuan di atas adalah pengetahuan dasar bagi anda untuk membuat website sederhana. Untuk mengetahui cara membuat website yang menarik di mata pengunjung dan mempunyai fungsi-fungsi tambahan yang lebih luas, anda bisa mempelajari CSS dan javascript.


Website itu terdiri dari beberapa halaman web. Jadi anda perlu mengetahui bentuk dasar dari halaman web sebagai modal awal anda dalam membuat atau sekedar mengedit website anda di blog atau CMS. Kurang lebih susunan sebuah halaman web paling sederhana itu adalah
<html>
<head>
isi dari head section pada halaman web anda
</head>
<body>
isi dari body section pada halaman web anda
</body>
</html>

<head> adalah suatu bagian dari halaman web anda di mana anda bisa meletakkan beberapa eleman pengaturan yang tidak akan ditampilkan ke pada pengunjung website anda. Di sini anda meletakkan meta description, title tag, dan CSS yang teksnya tidak akan terlihat dalam tampilan jendela browser.



<body> adalah bagian dari halaman web yang akan ditampilkan kepada para pengunjung website anda, hanya saja bagaimana tampilan dari website ini tentu saja ditentukan oleh CSS yang anda letakkan di <head> tadi.

0 komentar:

Posting Komentar